welcome to my blog

ttl tanggal:21 bulan:05 tahun:1997 cita-cita:guru,mechanic otomotif yg terkenal. =)

Sabtu, 24 Desember 2011

BIKIN PEDAL PERSNELING LEBIH FLEKSIBEL




BIKIN PEDAL PERSNELING LEBIH FLEKSIBEL

Postur kaki besar dengan tipikal sepatu size 43-46, memang susah ketika mau mengaplikasi foot step model underbone. Untuk memakainya juga cukup menyiksa. Hal ini cukup beralasan, mengingat produsen foot step merancang pedal persneling dengan panjang paten. Kalau tuas rem sisi kanan dirancang paten nggak masalah, mengingat mekanis nya cuman ditekan. Tapi kalau yang paten pedal persneling yang pengoperasiannya ditekan dan diungkit, sering mengurangi kenyamanan.
Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya untuk mengaplikasi pedal persneling model fleksibel, yang bisa diperpanjang dan pendekkan pedal persneling nya. Caranya, sediakan 8 mm lebar 10 mm-15 mm, kemudian potong sesuai dengan jarak yang dibutuhkan. Lebih mudah nya, pakai pedoman ukuran tengah, antara jarak foot step ke poros spindle persneling. Misalkan jarak itu 30 cm, jadi panjang plat pakai 15 cm dan sediakan 2 bagian.

Bagian pertama, plat menjadi penerus gerakan poros spindle persneling. Untuk itu dibutuhkan adaptor poros spindle persneling, dapat memanfaatkan bekas adaptor pedal persneling orsinya. Las adaptor dengan plat, kemudian, tentukan kontur nya sesuai dengan posisi foot step, menekuk ke atas model huruf L  atau lurus. Dan tambahkan 2 alur vertikal dengan lebar 8 mm pada bidang lurus nya.

Kemudian bagian kedua, bidang yang direncanakan sebagai pedal persneling, pembentukannya cukup dari plat kontur lurus. Panjang bidang plat sesuaikan varian ukuran sepatu yang akan memakainya. Tambahkan coakan lebar 8 mm horizontal, sepanjang bidang pedal persneling. Dan ujung nya tambahkan baut 12 mm panjang 4 cm dan bungkus dengan karet sebagai pijakan atau pengungkit nya.

Untuk menggabungkan plat bagian pertama dan kedua, manfaatkan baut-mur 8 mm dan lengkapi dengan bushing-ring untuk memperlancar proses penggeseran pedal persneling. Cara ini juga berlaku buat motor keluarga pemakai foot step model underbone. Agar semua ukuran tapak kaki tetap nyaman, saat mengoperasikan pedal persneling. | pid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar